Penerjemah Jepang Freelance

Bekerja sebagai Penerjemah Jepang Freelance memiliki keuntungan dibandingkan bekerja secara tetap pada sebuah perusahaan yang utama adalah waktu dan income. Dengan bekerja secara lepas kita akan memiliki kendali penuh terhadap waktu yang kita miliki. Namun, dibalik fleksibilitas waktu tersebut kita juga memiliki tanggung jawab yang besar karena pekerjaan freelance tersebut sepenuhnya tergantung pada kedisiplinan kita dalam mengatur waktu.

Salah satu bidang pekerjaan lepas yang sangat potensial untuk kita tekuni adalah penerjemah jepang freelance. 

japanese girl

Saat ini, dunia penerjemahan telah jauh berubah seiring dengan kemudahan akses informasi dan teknologi. Dulu, pekerjaan penerjemahan membutuhkan tenaga penerjemah yang harus bekerja penuh waktu pada suatu perusahaan, namun dengan berkembangnya Internet kehadiran seorang penerjemah tidak mutlak diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas penerjemahan. Dengan alasan itu maka banyak perusahaan yang pada akhirnya lebih memilih mempekerjakan penerjemah lepas dengan alasan penghematan biaya namun dengan tetap mendapatkan hasil yang maksimal.

Saat ini, dapat dengan mudah kita temui iklan atau permintaan jasa penerjemah jepang freelance yang tentunya merupakan kesempatan yang terlalu bagus untuk kita lewatkan. Semua orang bisa menjadi seorang penerjemah asalkan mereka memiliki pengetahuan dan menguasai lebih dari satu bahasa, tidak memandang latar belakang pendidikannya. Namun, kadang hal tersebut tidak cukup karena persaingan dunia penerjemahan lepas saat ini sungguh sangat ketat sehingga kita harus memiliki suatu kemampuan lebih dibandingkan para pesaing-pesaing kita. Berikut adalah beberapa tips atau langkah-langkah untuk menjadi seorang penerjemah lepas yang sukses.

1.Bekali diri Anda dengan kemampuan penerjemahan yang mumpuni. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mengikuti berbagai pelatihan penerjemahan atau dengan belajar secara otodidak dengan bantuan berbagai referensi dan buku penerjemahan yang tersedia secara luas di pasaran. Anda dapat bergabung dengan berbagai milis penerjemahan di mana Anda bisa bertukar pendapat dan menimba ilmu tentang penerjemahan di dalamnya. Cara lain adalah dengan mengaplikasikan alat bantu penerjemahan atau CAT tools yang akan sangat membantu kita dalam menerjemahkan dengan cepat namun dengan hasil terjemahan yang berkualitas. Dengan mengembangkan kemampuan penerjemahan yang baik Anda akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi ketika Anda mengambil suatu proyek penerjemahan dan menentukan deadline pengerjaannya.

  1. Perluas relasi kerja. Dunia penerjemahan penuh dengan tantangan dan persaingan yang ketat, sehingga suatu penerbit atau biro penerjemahan pasti mengalami suatu pasang surut. Ketika Anda bekerja secara lepas pada sebuah penerbit atau biro penerjemahan pasti Anda akan merasakan suatu masa ketika Anda dituntut bekerja keras menyelesaikan tugas penerjemahan yang sangat banyak dengan deadline ketat, namun juga adakalanya Anda tidak mendapatkan pekerjaan penerjemahan selama berminggu-minggu. Hal ini dapat Anda siasati dengan lebih banyak menjalin relasi kerja dan menekuni peluang bisnis yang lain yang masih ada hubungannya dengan dunia penerjemahan, misalnya dengan menulis buku karena tidak ada batasan deadline pengerjaan dan bisa Anda mengerjakannya di sela-sela waktu pengerjaan order penerjemahan.
  2. Jangan mengambil pekerjaan di luar kemampuan Anda. Untuk menjamin kualitas terjemahan, Anda sebaiknya tidak menerima pekerjaan di luar bidang Anda atau di luar bahasa yang Anda kuasai. Misal, Anda adalah seorang penerjemah yang biasa menerjemahkan dokumen hukum diminta untuk menerjemahkan suatu dokumen bidang kedokteran yang berisikan bahasa-bahasa latin yang sama sekali tidak Anda pahami dengan deadline yang sangat singkat. Sebaiknya Anda tidak menerima pekerjaan tersebut karena disamping Anda akan kesulitan dalam mengerjakannya, klien Anda pasti juga tidak akan mendapatkan kualitas penerjemahan yang maksimal.\

Dengan mengikuti tips di atas diharapkan Anda bisa menjadi seorang penerjemah jepang freelance yang sukses memberikan karya terjemahan yang berkualitas bagi klien sekaligus mendatangkan kepuasan dan penghasilan yang layak bagi diri sendiri.